Cerita Dari Ruang Operasi: Operasi Pengangkatan Kista di RS. AL-Arif Ciamis

operasi kistra, ruang operasi

 Assalamu'alaikum temen-temen !! (silahkan di baca pake logat opening nya ricis ya) He

Tulisan kali ini aku mau cerita pengalaman ku pas operasi pengangkatan kista. Sebelumnya nggak pernah kebayang bakal ngalamin hal kaya gini..hiks

Tapi yaudalah ya. Mungkin emang jalannya harus seperti ini apa boleh buat.
 
Jika kalian pikir aku langsung say "Yes" pas bapak dokter yang terhormat vonis aku buat operasi? Kalian salah Gais. 
 
Aku nolak, aku ngerengek minta jalan lain. Lewat gang mana gitu biar nggak lewat sana..hehe.
 
Tapi berhubung ukuran kistanya udah gede, jadi dokter emang nggak punya pilihan lain selain operasi. 
 
Oh ya, Sebelum setuju buat operasi aku juga cari obat alternatif. Banyak banget yang kasih saran ini dan itu, dan selalu di cari sebisa mungkin.
 
Btw... makasih banyak ya..buat yang udah kasih saran waktu itu
 
Terima kasih lagi buat keluarga dan sahabat yang udah kasih support, obat alternatif, materi, dll LOVE YOU ALL.
 
Semua dicoba demi menghindari operasi tapi ya namanya usaha, tidak selalu berhasil. 
 

Tiba Saatnya untuk Operasi

Hingga akhirnya di suatu hari yang entah cerah entah mendung (karena di ruang perawatan nggak tau cuaca diluar..udah kaya di penjara aja gitu) Si aku nunggu waktu..waktu di panggil buat operasi. 
 
Perawat datang setengah jam sebelum waktu yang dijanjikan karena mau persiapan dulu katanya. 
 
Aku nurut dan bergandengan tangan sama perawat tadi. Kaya mau pergi perang ngelawan penjajah. 
 
Aku sempet heran ko nggak ada perasaan deg-degan sih, padahal sebentar lagi aku mau operasi lho. 
Proses yang sangat aku takutin sebelumnya. 
 
Tibalah diruang tunggu...
 
dimana disana hanya ada seorang ibu yang akan melahirkan secara saecar dan perawat yang sedang melakukan persiapan operasi. 
 
Mengganti baju dengan seragam khas operasi dan mengecek kondisi bayi di dalam perut ibu yang belum ku ketahui namanya.
 
Akupun dibantu suster melakukan persiapan operasi. Mengganti baju, mengikat rambut, memasangkan masker, penutup kepala, telaten banget pokoknya. Makasih suster. LOVE YOU.
 
Setalah persiapan beres aku hanya rebahan menunggu dokter yang akan melakukan tindakan operasi. 
 
FYI, buat temen-temen yang punya alergi dingin atau alergi apapun, sebelum operasi biasanya ada dokter anestesi/asisten dokter yang mastiin data-data pribadi kita. 
 
Aku juga ditanya punya alergi atau enggak, aku jawab aku punya alergi dingin dan beneran dong, habis operasi enggak ada dingin sedikitpun, padahal kata orang- orang habis operasi itu badan menggigil karena dingin. 
 
Jadi, ini pentingnya terbuka sama dokter, apa kabar aku yang alergi dingin terus nanti abis operasi malah bersin- bersin? batuk dikit aja sakit banget ke jaitan apalagi bersin terus- terusan..hmmm.
 
Setelah beberapa jam menunggu, tibalah waktuku. Waktu operasi maksudnya..
 
Dibawa lah aku keruang operasi dengan perasaan yang masih santai kaya di pantai. Disana ada sekitar 6 orang laki-laki semua, dan ini hal yag paling aku nggak suka. (Ya Alloh semoga Engkau gerakan hati para wanita-wanita diluar sana biar mau jadi dokter bedah). Aamiin.
 
Ruangan besar berdinding putih dengan meja di tengah dan lampu sorot. Jujur aku lirik kanan kiri, mengamati keadaan sekitar, merekam semua apa yang bisa kulihat sebelum aku operasi.
 
Perasaanku benar-benar tenang. Ditambah suara musik yang cetar membahana, ruangan operasi bak tempat hiburan. Jadi, jika ada yang bilang ruang operasi menyeramkan, 100% salah Gais.
 
Salah satu dokter mndekat, kulihat tangannya bawa suntikan. "Pasti ek di suntik gera" (dina jero hate).
 
Dan bener aja dong, tetiba si dokter nyuruh duduk selonjor kepala nunduk, badan di suruh bungkuk "neng jangan gerak nya".
 
Suntikan anestesi mendarat tepat di punggung sebelah bawah dan Awww.. ini bukan kaya di gigit semut, atau bener semut, semut dari jaman purba tepatnya.
 
Selang beberapa menit kaki mulai kesemutan dan perlahan hilang rasa. Aku masih sadar karena biusnya hanya setengah badan. 
 
Alhamdulillah hati bisa ku kondisikan dengan baik, sambil melantunkan dzikir sebisa ku. 
Kunci ketenangan ku saat itu adalah pasrah pada yang Kuasa, apapun yang terjadi atas kehendak Alloh. 
 
65 menit menjalani operasi dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar.
 
Beres operasi perawat langsung kasih aku teh manis, buah-buahan, nasi+lauk, dll. Ini imbalan karena aku berpuasa cukup lama katanya. Hihi imbalannya bisa minta duit segepok nggak Sus??
 
Hmmm..operasi memang terdengar menakutkan tapi jika kita pasrah dan nggak banyak mikir aneh-aneh Insha Alloh semuanya terasa ringan.
 
Karena kalo kita mikir macem-macem entar tensi malah nggak stabil dan malah memperburuk kondisi kita. 
 
So, tenangin hati toh kita ditangani sama dokter-dokter yang profesional. Perbanyak sholawat, dzikir atau apapun itu yang mungkin bisa buat pikiran kita tenang. 
__
Tulisan ini ditulis untuk kenangan di hari tua, caritakeuneun buat anak incu.
 
Terima kasih buat suami yang super duper ngejaga, ngerawat, nemenin sampe dianya sakit punggung, nggak enak badan karena gadang terus.
 
Terima kasih juga buat keluarga terdekat, sahabat, temen yang udah kasih do'a, support dan materi. 
 
Semoga Alloh membalas kebaikan kalian secara sempurna. Aamiin

Catatan:
Operasi ini dilakukan pada tanggal 14 April 2020
di RS. Al-Arif Ciamis.

0 Response to "Cerita Dari Ruang Operasi: Operasi Pengangkatan Kista di RS. AL-Arif Ciamis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2 mgid

Iklan Bawah Artikel